Peringati Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia, Direktorat SMP Selenggarakan Webinar Bertajuk “Jaga






Berita Nasional (25)
Buku (13)
Info Pendidikan Nasional (131)
Info Pendidikan PAUD (17)
Info Pendidikan SD/MI (38)
Info Pendidikan SMA (8)
Info Pendidikan SMP (60)
Modul (36)
Perpustakaan (7)
Source Code (7)
Template (4)
Undang-undang RI (1)





















• 15 Januari 2010
Workshop Kolaborasi PHP dan jQuery

• 29 Oktober 2009
Workshop VBA Programming for Excel

• 29 Oktober 2009
Bedah Buku "Membongkar Trik Rahasia Master PHP"

• 14 Maret 2009
Seminar "Membangun Portal Berita ala Detik.com"


Beranda » Info Pendidikan SMP » Peringati Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia, Direktorat SMP Selenggarakan Webinar Bertajuk “Jaga

Minggu, 30 Mei 2021 - 12:56:28 WIB
Peringati Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia, Direktorat SMP Selenggarakan Webinar Bertajuk “Jaga
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Pendidikan SMP - Dibaca: 3838 kali

Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengadakan acara webinar bertajuk “Jaga Bersihmu, Raih Prestasimu” dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia yang jatuh pada Jumat (28/5).

Acara ini dihadiri oleh Direktur Direktorat SMP Mulyatsyah. Selain Mulyatsyah, terdapat juga beberapa narasumber yang informatif dan menarik seperti Koordinator Bidang Peserta Didik Direktorat SMP Maulani Mega Hapsari, Koordinator Substansi Usia Sekolah dan Remaja Kementerian Kesehatan drg. Wara Pertiwi, WASH in School Advisor SNV Indonesia Yayu Mukaromah, dan juga publik figur Shahnaz Haque.

Mulyatsyah selaku Direktur SMP membuka acara dengan menyoroti persoalan sanitasi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Menurut Mulyatsyah, Keduanya merupakan elemen penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, Direktorat SMP mendukung peningkatan kesehatan dan kenyamanan siswa di sekolah lewat Program Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah.

“Peningkatan kesehatan dan kenyamanan siswa di sekolah diyakini secara tidak langsung dapat berkontribusi pada peningkatan angka partisipasi sekolah,” ujar Mulyatsyah.

Setelah dibuka oleh Direktur SMP, narasumber pertama drg. Wara Pertiwi membawakan materi bertemakan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Ia mengatakan MKM harus diperhatikan secara serius oleh warga sekolah, khususnya kaum hawa.

“Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, dan memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga,” ujar Wara.

Narasumber selanjutnya adalah WASH in School Advisor SNV Indonesia Yayu Mukaromah. Yayu menyampaikan materi tentang Peduli Menstruasi Selama Pandemi. Dalam paparannya, Yayu menjelaskan beberapa hal penting yang perlu disoroti dalam MKM di masa pandemi seperti kebersihan menstruasi, mengelola kesehatan mental, menerapkan protokol kesehatan, akses informasi ke MKM, dan akses ke fasilitas MKM.

“Jika kita perlu membeli pembalut keluar sekolah, tentu kita perlu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun, terutama sebelum dan setelah mengganti pembalut supaya terhindar dari infeksi dan sebagainya,” papar Yayu.

Materi terakhir yang bertemakan Peran Keluarga dalam Edukasi Pendidikan Menstruasi Anak dibawakan oleh penyintas kanker ovarium sekaligus publik figur Shahnaz Haque. Menurut Shahnaz, keluarga, baik ayah maupun ibu, keduanya harus berperan dalam mengedukasi dan membentuk karakter anak dalam menyikapi persoalan menstruasi.

“Membicarakan soal menstruasi bukan hanya tugas ibu saja, seorang ayah pun juga harus karena orang tua yang hebat adalah orang tua yang berani berkomunikasi dengan terbuka tentang menstruasi kepada buah hatinya, baik itu anak laki-laki maupun anak perempuan.

Koordinator Bidang Peserta Didik Direktorat SMP Maulani Mega Hapsari mengatakan acara ini digelar untuk menyosialisasikan informasi terkait Manajemen Kebersihan Menstruasi kepada masyarakat. Menurut Mega, menstruasi adalah sesuatu yang penting dan bukanlah hal yang tabu, justru perlu diedukasikan.

“Menstruasi adalah proses alami biologis yang terjadi pada perempuan yang beranjak dewasa. Oleh karena itu, dibutuhkan edukasi sejak dini terkait dengan hal ini. Edukasi ini penting pula diketahui oleh anak lelaki supaya mereka bisa menghargai dan tidak melakukan perundungan kepada perempuan yang sedang haid,” pungkas Mega.

Webinar ini diikuti oleh berbagai perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, LPMP, BP PAUD Provinsi, kepala sekolah SMP, pengelola UKS, dan juga kader kesehatan remaja dari seluruh Indonesia secara virtual.

Bagi yang belum sempat mengikuti webinar ini bisa menonton tayangan ulang di kanal YouTube Direktorat SMP. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan di mana pun berada ya, khususnya di lingkungan sekolah. Selamat Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia Sobat SMP!


Referensi : Klik



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


Oktober, 2021
MSSR KJS
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      





9602363

Pengunjung hari ini : 3017
Total pengunjung : 670247

Hits hari ini : 42694
Total Hits : 9602361

Pengunjung Online: 136





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan